4 Cara Hidup Bahagia Meski Dikelilingi Orang-Orang Negatif

Published on Author AryanaLeave a comment

Sebelum menyalahkan orang lain atas suasana hati yang langsung hancur, ternyata otak Anda sendiri terlibat sebagai salah satu pemicunya. Ya, otak adalah organ yang sangat sensitif terhadap semua hal, dari negatif ke positif.

Cara Hidup Bahagia

Sinyal yang ditangkap oleh otak akan ditransmisikan ke sel-sel saraf tubuh untuk memberikan respons tertentu. Entah marah, kecewa, sedih, bahkan bahagia. Karena itu, kunci untuk hidup bahagia adalah mengendalikan emosi dan respons Anda terhadap hal-hal negatif.

Tapi dari mana harus memulai? Inilah langkah-langkahnya!

Temukan pemicu emosi negatif.

Segala sesuatu yang terjadi pasti memiliki penyebab, termasuk mengapa Anda merasa dikelilingi oleh udara negatif dari orang-orang di sekitar Anda. Sebagai langkah pertama, kenali akar penyebab ketidaknyamanan tersebut.

Anda mungkin merasa tidak nyaman karena Anda mendengarkan seorang teman yang berbicara tentang keburukan orang lain di belakang, dibuat setiap bulan oleh pasangan yang memiliki emosi atau teman kantor seperti yang mereka inginkan.

Mencoba menemukan satu per satu, perlahan tapi pasti, akan membantu Anda mengetahui faktor apa pun yang menciptakan aura negatif di sekitar Anda.

Fokus pada hal-hal yang dapat dikendalikan.

Ada banyak hal yang tidak dapat Anda kendalikan di dunia ini, misalnya, kondisi jalan saat Anda pergi ke sekolah, kampus atau kantor. Mencoba mengendalikan hal-hal di luar kendali Anda akan menyulitkan Anda untuk bahagia. Karena itu, kuncinya adalah fokus pada hal-hal yang dapat Anda kontrol.

Misalnya, kemacetan parah, yang bisa Anda kendalikan adalah reaksi Anda sendiri. Perlu diingat bahwa kemacetan lalu lintas di luar kendali Anda. Yang dapat Anda lakukan adalah berkonsentrasi mencari cara alternatif atau pintasan atau mencari pekerjaan dalam kemacetan lalu lintas, seperti menanggapi obrolan atau email sehingga Anda tidak membuang waktu. Selain mengalihkan diri dari emosi negatif, Anda juga bisa lebih produktif.

Hasilkan saran positif.

Ketika Anda memikirkan hal-hal negatif sepanjang waktu, itu sebenarnya bisa terjadi. Ini karena pikiran mereka sendiri sangat memengaruhi tindakan mereka. Dengan kata lain, misalnya, Anda terlibat dalam kegugupan pada kencan pertama

Kenyataan? Memang, Anda gugup sampai mati ketika Anda pertama kali bertemu sampai Anda sering melakukan kesalahan sepele yang memalukan. Bahwa semuanya adalah pengaruh sugesti. Ketika Anda berpikir hal-hal buruk akan datang, maka, tanpa mengambil banyak waktu, pikiran tampaknya ada di dunia nyata. Begitu pula ketika Anda fokus memikirkan sesuatu yang positif.

Di sisi psikologis, kondisi ini dikenal sebagai persepsi proyeksi. Atau sederhananya, apa yang ada dalam persepsi Anda dapat dengan mudah terwujud dalam kehidupan nyata.

Karena itu, jauhi pikiran buruk dan ciptakan pikiran baik bahkan jika Anda terjebak dalam lingkungan yang canggung.

Kembangkan diri Anda dengan emosi yang baik

Kebahagiaan sulit dicapai tanpa disertai dengan upaya maksimal. Tidak ada gunanya terus mengutuk diri sendiri karena kesal dengan sikap orang-orang di sekitar Anda, tetapi tanpa berusaha menyingkirkan perasaan aksesori.

Daripada melanjutkan dengan kerutan yang benar-benar akan membuat Anda merasa dalam suasana hati yang buruk, lebih baik tenang dengan melakukan kegiatan lain yang dapat membuat Anda bahagia. Membaca buku favorit Anda, menari sambil mendengarkan musik di dalam ruangan, menonton film atau melakukan yoga dapat menjadi pilihan aktivitas positif.

Ketika Anda selesai dengan semua langkah ini, cobalah untuk merasakan perubahan emosional dalam diri Anda. Sudahkah Anda merasa lebih baik dari sebelumnya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *